Aceh Tenggara Dalam Duka Mengalami Banjir Bandang

Banjir Bandang di Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa 11 April 2017 

Aceh Tenggara | Kejadian banjir bandang yang disertai longsor terjadi pada Selasa, (11/4/2017) sekitar pukul 18.00 wib. Pusdalops BPBD Aceh Tenggara menyebutkan banjir bandang terjadi di Desa Batu Dua Ratus, Desa Sigala Timur Kecamatan Lawe Sigala-Gala dan Desa Lawe Beringin di Kecamatan Semadam, Aceh Tenggara.


“Sampai saat belum ada kepastian berapa korban jiwa dalam musibah itu, bencana longsor mengakibatkan jalan Medan – Kutacane putus total,” sebut Amrullah, Pusdalops BPBD Aceh Tenggara. 

Saat ini tim TRC BPBD Aceh Tenggara sedang berada di lokasi kejadian dan sedang membersihkan material tanah longsor.


Polisi membantu evakuasi warga yang terkena dampak banjir bandang di Aceh Tenggara, Aceh. Tenda untuk tempat penampungan korban banjir juga mulai didirikan.


Kapolres Aceh Tenggara AKBP Edi Bastari mengatakan banjir bandang terjadi setelah hujan terus mengguyur sehingga menyebabkan tanggul penahan air di atas gunung jebol. Akibatnya, rumah warga terendam air dan lumpur serta dipenuhi puing-puing kayu.

"Asrama Polsek Lawe Sigala dan rumah penduduk di sekitarnya digenangi air yang membawa sampah dari gunung dan halaman asrama tertimbun lumpur setinggi 30 sentimeter,

Sejumlah personel Polres Aceh Tenggara dikerahkan untuk membantu warga menyelamatkan barang-barang milik mereka. Polisi juga membantu mengevakuasi masyarakat ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, personel polisi mendirikan tenda tempat penampungan korban banjir bandang dan menyiapkan dapur umum untuk korban. Koordinasi dengan pihak terkait dilakukan. Polisi juga melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terkena dampak banjir bandang.

"Hingga saat ini masih dilakukan pelaksanaan evakuasi warga yang terkena musibah banjir bandang dan kerugian materi akibat banjir bandang belum dapat dihitung mengingat sebagian rumah masyarakat masih digenangi air. Sedangkan untuk korban masyarakat nihil," jelas Kapolres.

Banjir bandang di Aceh Tenggara melanda tiga desa di dua kecamatan. Ketiga desa tersebut yaitu Desa Lawe Sigala Timur dan Desa Dua Ratus di Kecamatan Lawe Sigala-gala serta Desa Lawe Beringin di Kecamatan Semadam.

Sejumlah rumah warga masih terendam banjir dan dipenuhi puing-puing kayu beragam ukuran. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tenggara, Basarnas, polisi, dan pihak terkait sudah berada di lokasi.

No comments:

Post a Comment

Pages