LPD Sediakan Rumah Singgah Pasien Dhuafa di Banda Aceh



“Orang Miskin dilarang sakit”. Kata-kata satire ini mungkin dulu sering terdengar, namun perlahan makin jarang digaungkan seiring dengan program jaminan kesehatan dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Namun, meski pengobatan pasien kini sudah minim biaya (kalau tidak bisa dibilang gratis), kenyataan di lapangan masih banyak pasien dari kalangan dhuafa yang enggan berobat. Hasil penelusuran kami ke berbagai daerah di Aceh, ternyata keengganan untuk berobat ini dikarenakan ketiadaan biaya transportasi dan pendampingan pasien selama dirawat di Rumah sakit. Apalagi terhadap sakit-sakit kronis yang penanganannya harus dirujuk ke rumah sakit di ibukota provinsi, keluarga pasien bingung harus tinggal dimana, serta darimana mendapatkan uang untuk kehidupan sehari-hari selama mendampingi pasien.

Tergerak dari hal ini, Lembaga Peduli Dhuafa (LPD) yang merupakan lembaga sosial non profit yang berkantor di daerah Banda Sakti,  Lhokseumawe, Provinsi Aceh menginisiasi sebuah rumah singgah bernama “Rumah Sehat”. Rumah singgah ini nantinya sebagai tempat berteduh bagi pendamping maupun pasien Dhuafa (rawat jalan) yang dirujuk dari daerah-daerah tingkat II ke Ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh.


Rumah sehat LPD beralamat di Jln. H. Usman, Lr, rawa Indah No. 01, Jeulingke (Di Belakang SPBU Jeulingke) Banda Aceh.

Konsep rumah singgah yang dijalankan oleh LPD, tidak hanya memberikan tempat berteduh yang layak bagi pasien dan keluarganya, namun juga berupaya memenuhi kebutuhan sehari-hari pasien beserta keluarga seperti makanan, popok bagi bayi, susu formula, dan berbagai nutrisi tambahan yang diperlukan untuk menunjang kesembuhan pasien. Namun kami sadar, program ini tidak dapat berjalan baik bila tidak didukung oleh dukungan dana dari masyarakat dan donatur. Untuk itu kami mengajak dermawan yang tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi mendukung program rumah sehat LPD ini.



Sesuai perhitungan dari tim kami, setidaknya butuh dana sekitar Rp 7.500.000,00/bulan untuk mendukung operasional Rumah singgah ini. Kebutuhan ini sudah meliputi tagihan listrik, air, biaya kebersihan, perawatan bangunan, makanan bagi penghuni rumah singgah, dan dukungan kebutuhan pasien selama dirawat. Besar harapan kami para dermawan dapat membantu mendukung biaya operasional rumah singgah ini demi terciptanya kesetaraan hak kesehatan bagi semua kalangan. MARI BERSAMA KITA BANTU SESAMA!



Ayooooo Sahabat Peduli Kita Ber Infak, Sedekah dan Membayar Zakat melalui Lembaga Peduli Dhuafa dengan Cara datang ke Kantor LPD Jl. Samudera No. 56 Gp. Jawa Banda Sakti (Di Samping Rumah Sakit PMI / Kesrem) Lhokseumawe (085371266650) atau Jln. H. Usman, Lr, rawa Indah No. 01, Jeulingke (Di Belakang SPBU Jeulingke) Banda Aceh Tlp.0811 6702 496. 


Atau Bisa Juga Via Bank BNI Syariah 4533 1519 7 Lembaga Peduli Dhuafa. Konfirmasi Donasi Ke 0853712666000 Dengan format Pengiriman: Nama (spasi) jumlah donasi (spasi), infak / zakat kirim sms / ke 085371266650 contoh: Siti Aminah / Hamba Allah Rp. 500.000


No comments:

Post a Comment

Pages