Program Anak Asuh Syafaat


Program anak asuh syafaat (senyum anak dhuafa giat dan taat), merupakan sebuah program anak asuh yang dicanangkan oleh Lembaga Peduli Dhuafa (LPD) dengan misi untuk memberi kesempatan bagi anak-anak dhuafa agar mendapatkan kesetaraan hak dalam memperoleh pendidikan yang layak. Program ini lahir dari fakta masih ditemukannya banyak anak yatim/dhuafa yang kesulitan untuk bersekolah kendati biaya sekolah telah digratiskan oleh pemerintah sampai jenjang Sekolah Menengah Atas.

Program ini tidak hanya memberikan uang secara tunai kepada penerima, tapi juga disertai dengan program-program pendampingan dan monitoring terhadap anak asuh yang dilakukan oleh para relawan serta bekerja sama dengan pihak sekolah anak asuh. Dengan sinergitas program yang dilakukan, diharapkan anak asuh syafaat menjadi generasi-generasi penerus yang berprestasi secara akademik, dan juga memiliki karakter kepribadian serta ketakwaan yang baik.

Orang Tua Asuh Program SYAFAAT merupakan donatur tetap bagi setiap Anak Asuh  SYAFAAT sebesar Rp 100.000,00/bulan, per anak asuh. Uang ini digunakan sepenuhnya untuk mendukung pendidikan dan program pengembangan anak asuh SYAFAAT.

Mengapa ikut program anak asuh syafaat?

1.      Program Pendampingan Anak asuh yang Terintegrasi, meliputi

·      Pemberian uang saku mingguan kepada anak asuh

·      Kerjasama dengan walikelas/sekolah anak asuh untuk memonitor perkembangan dan prestasi anak asuh

·      Bantuan perlengkapan sekolah sesuai kebutuhan anak

·      Monitoring kondisi dan perkembangan anak asuh oleh relawan dengan berkomunikasi ke orang tua/wali anak asuh

·      Mengadakan kegiatan tambahan bagi anak asuh (di luar hari sekolah) berupa motivasi belajar, pemantapan bacaan Al-Qur’an, tahfiz Juz ‘amma, dan pelatihan life skill sesuai minat dan bakat anak.





2.    Sebagai Orang Tua Asuh, akan mendapat beberapa fasilitas, yaitu:

·      Mendapatkan Anak Asuh (bisa disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan).

·      Memperoleh profil anak yang diasuh dilengkapi foto, beserta gambaran tentang kondisi sosial keluarganya.

·      informasi Perkembangan Anak Asuh tiap semester.

·      Laporan Keuangan program anak asuh SYAFAAT tiap semester.

·      Dapat berkomunikasi dengan Asuh melalui telpon via relawan yang berkunjung, surat, video letter atau kunjungan secara personal dengan didampingi oleh tim Anak Asuh SYAFAAT.



3.    Pendayagunaan dana disesuaikan kebutuhan & tepat sasaran

Dana yang diberikan oleh donatur/orangtua asuh tidak diberikan semuanya secara tunai sekaligus, namun diberikan bertahap setiap mingggunya melalui wali kelas/pihak sekolah anak asuh sebagai uang saku untuk bersekolah. Hal ini guna menghindari pemakaian uang diluar kebutuhan sekolah, serta mencegah anak dari sifat konsumtif. Selain itu, sebagian uang akan disisihkan untuk pemenuhan kebutuhan sekolah anak asuh. Kebetuhan tiap anak bisa berbeda-beda dan dana yang terkumpulkan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara subsidi silang antar anak asuh, sesuai prioritas kebutuhan yang diperlukan.

4. Bantuan dilakukan secara komprehensif

Bantuan yang kita berikan akan disinergikan dengan beberapa program LPD lainnya. Hal ini termasuk komunikasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak lain yang terkait dalam gerakan-gerakan sosial sehingga distribusi bantuan bisa merata dan mencakup banyak aspek kehidupan.

5.    Pendampingan pendidikan alternatif & keterampilan praktis

Saat ini pendidikan formal tidaklah cukup untuk menjadi bekal anak-anak di masa depan, perlu adanya pendidikan alternatif dan keterampilan praktis yang disesuaikan dengan bakat dan minat anak, juga kondisi sosial masyarakat. Harapannya Anak Asuh SYAFAAT kelak bisa mandiri dan menjadi panutan positif bagi lingkungannya.

 Ingin Jadi Orang tua Asuh bagi Yatim/dhuafa Anak Asuh SYAFAAT? Silahkan Hubungi 08116855007untuk pendaftaran dan tanya-tanya mengenai program. Atau bisa juga datang langsung ke sekretariat LPD banda Aceh di Jalan H Usman, Lr Rawa Indah No 1, Jeulingke, Banda Aceh. JIka ingin melihat data singkat mengenai anak asuh yang telah didata oleh kami, klik LINK BERIKUT.



Note:

·        Untuk menjaga privasi anak asuh, profil lengkap beserta foto anak asuh hanya akan dikirim kepada calon donatur yang ingin bergabung menjadi orang tua asuh Program Anak Asuh SYAFAAT.

No comments:

Post a Comment

Pages